Makanan Yang Membantu Menyembuhkan Ginjal

Makanan Yang Membantu Menyembuhkan Ginjal

Ginjal memiliki fungsi antara lain untuk menghilangkan urea, limbah dari protein, beserta dengan mineral seperti natrium, kalium dan fosfor. Oleh karena itu asupan makanan sangat penting diperhatikan terlebih bagi orang yang sudah terkena gangguan ginjal.

Setiap jenis makanan yang meningkatkan beban kerja pada ginjal dapat mengakibatkan akumulasi limbah dalam tubuh, hal ini bisa menyebabkan kerusakan ginjal yang lebih parah. Oleh karena itu, baik yang masih sehat maupun yang sudah pernah mengalami gangguan ginjal harus ekstra hati-hati tentang makanan yang di makan.
Bagi yang sempat mengalami gangguan ginjal, dianjurkan untuk mengurangi makanan yang berprotein tinggi, membatasi jumlah asupan garam, mengurangi asupan makanan yang kaya fosfor dan memilih makanan rendah kalium. Berdasarkan fakta tersebut, berikut adalah makanan yang bisa memulihkan kerja ginjal.

1. Kembang Kol

Mengobati penyakit Ginjal
Kembang kol merupakan salah satu sayuran yang bersahabat dengan ginjal. Selain ramah dengan ginjal tentunya baik bagi penderita gangguan ginjal, kembang kol juga berfungsi menurunkan kadar gula(diabetes) dan gangguan jantung yang bisa memicu gangguan ginjal juga. Selain itu, kembang kol juga rendah kalium dan menawarkan nutrisi lain seperti vitamin C, asam folat dan serat, yang membantu pasien dengan kesehatan ginjal. Sayuran ini juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan zat beracun tertentu dari sistem metabolisme tubuh yang artinya dapat menurunkan beban kerja pada ginjal.

2. Wortel

Mengobati penyakit ginjal

Hipertensi bisa memicu gangguan ginjal bahkan gagal ginjal. Orang dengan penyakit ginjal kronis harus makan makanan yang membantu dalam mengatur tekanan darah. Salah satu makanan yang bisa mengurangi hipertensi adalah wortel. Selain bisa menurunkan tekanan darah, wortel juga bisa membantu mengontrol kadar gula dalam darah yang juga dapat menyebabkan penyakit ginjal. Namun, meski demikian mengkonsumsinya harus dengan jumlah yang aman.

3. Apel

Mengobati penyakit ginjal
Mengkonsumsi apel di pagi hari sangat baik. Selain bagus untuk menguatkan gigi, ternyata apel juga bagus untuk kesehatan ginjal. Bagi penderita gangguan ginjal tahap awal sebaiknya mengkonsumsi apel untuk mencegah gejala yang lebih akut. Berdasarkan sebuah studi yang di lakukan di Institut kesehatan anak, University College London, bahwa makanan yang mengandung pektin (seperti apel dan jeruk) secara signifikan mengurangi kerusakan ginjal selama periode waktu tertentu.

4. Bawang Merah

Mengobati penyakit ginjal
Bawang merah merupakan salah satu sayuran yang menyehatkan dimana memiliki kandungan kreatinin yang tinggi yang membantu memulihkan fungsi ginjal yang menurun. Bawang merah juga mengandung zat yang di sebut prostaglandin yang secara alami mengurangi kekentalan darah dan membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi yang secara tak langsung juga memperkecil perkembangan penyakit pada ginjal.

5. Bawang Putih

Mengobati penyakit jantungBawang putih dikenal mengandung antioksidan tinggi yang bisa membantu mengurangi peradangan dan kanker. Bawang putih juga dinilai berperan dalam mengurangi cedera reperfusi ginjal atau gagal ginjal yang mana bisa menyebabkan kematian. Sebuah study menunjukan bahwa jus bawang putih bisa membantu mencegah cedera reperfusi pada ginjal yang bisa menyebabkan gagal ginjal.

6. Kacang Merah

Menyembuhkan penyakit ginjalDalam bahasa inggris, kacang merah disebut kidney bean karena bentuk dan warna biji kacang merah mirip ginjal. Mungkin inilah kekuasaan tuhan memberikan petunjuk jika kacang merah sangat bermanfaat bagi ginjal. Kacang merah terbukti dari jaman dahulu digunakan sebagai obat rumah yang efektif untuk mengobati ginjal.

Rebus dan pisahkan biji kacang dari kulit kacang merah dan kemudian diamkan hingga selama enam jam dalam air. Cairlah yang dihasilkan ini dapat disaring kemudian biarkan hingga dingin dan minum dengan rutin satu kali sehari untuk meringan rasa sakit yang di sebabkan oleh batu ginjal.

7. Kayu Manis

Menyembuhkan penyakit ginjal
Kayu manis dikenal dengan kemmapuannya yang dapat membantu mengatur kadar glukosa dalam darah. Hal ini dapat membantu tubuh mengatur glukosa yang lebih baik dan menawarkan perlindungan dari serangan diabetes. Kelebihan glukosa yang dihasilkan dari diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Studi lain mengkonfirmasikan bahwa kayu manis dapat digunakan sebagai suplemen mencegah resiko batu ginjal.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s