Makanan Yang Membantu Menurunkan Kadar Kolestrol

Makanan Yang Membantu Menurunkan Kadar Kolestrol

Menurunkan kolestrol

Kolestrol mungkin menjadi salah satu masalah yang paling banyak di rasakan oleh orang orang di dunia, terutama di indonesia, karena sebagian dari masyarakat Indonesia suka mengkonsumsi makanan yang berkadar kolestrol tinggi.
Dengan mengatur pola makan sehat menjadi faktor utama untuk menghindari masalah seperti ini. Namun tidak semua kolestrol dapat berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk.

Makanan Yang Bisa Menurunkan Kadar Kolestrol Tinggi

1. Buah Alpukat

menurunkan kolestrol

Buah ini memang memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya dapat mengurangi kadar kolestrol tinggi yang ada dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian Pennsylvania State University, seorang peneliti mengungkapkan bahwa, jika orang dewasa memeliki kelebihan berat badan, cobalah mengkonsumsi buah alpukat, karena dapat menurunkan kolestrol LDL hingga 7mg/dL. Bahkan, jika sedang diet, buah ini bisa membantu mengurangi kolestrol LDL hingga 14mg/dL.

2. Teh Hijau

menurunkan kolestrol

Minuman ini mungkin lebih dikenal sebagai green tea. Teh hijau yang pertama kali populer di negara Jepang ini ternyata menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kadar kolestrol Tinggi.

Dalam American Journal Of Clinical Nutrition menemukan bahwa jika anda meminum teh hijau 1 gelas sehari dapat menurunkan kolestrol LDL lebih dari 2-7mg/dL tanpa efek pada HDL sebagai pelindung.

3. Kacang-Kacangan

menurunkan kolestrolBeberapa peneliti telah membuktikan bahwa jenis kacang-kacangan seperti kacang polong, ataupun buncis dapat menjadi solusi pengurangan kolestrol. Salah satu studi di Canadian Medical Association menemukan bahwa 3/4 meminum air kacang-kacangan sehari dapat menurunkan kadar kolestrol LDL sampai dengan 5%, walau tidak begitu banyak tapi signifikan.

4. Almond

menurunkan kolestrol

Mungkin bnyak yang mengira almond ,erupakan jenis dari tanaman kacang-kacangan, namun ternyata almmond adalah buah yang berbiji yang memiliki banyak kelebihan.

Seperti sebuah studi penelitian dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa pasien yang menderita kolestrol tinggi yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung disarankan untuk mengkonsumsi buah almond sekitar 8 buah sebelum sarapan karena dapat meningkatkan HDL(kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh) hingga 12%-14%.

5. Gandum

makanan yang membatu menurunkan kolestrol

Gandum menjadi slaah satu solusi paling terkenal untuk masalah menurunkan kadar kolestrol tinggi. Menurut satu penelitian di Thailand, Jika anda mengkonsumsi gandum atau bubur beras dalam waktu empat minggu, maka akan mengalami penurunan kolestrol LDL dari 5% hingga 10%.

Itulah beberapa solusi Untuk anda jika menderita kolestrol tinggi. Namun jangan lupa juga untuk menjaga pola makan yang teratur dan hindari makanan-makanan yang tidak sehat yang dapat memicu berbagai penyakit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s